Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
tukang taman palembang

Jasa Tukang Taman Jakabaring Palembang

Manfaat Dan Fungsi Taman Untuk Masyarakat

Taman merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Siapa yang tidak tahu taman? Tidak jarang ada yang membuatnya sebagai lokasi atau tempat wisata, taman minimalis di pekarangan rumah, taman bermain dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya manfaat serta fungsi dari taman itu sendiri untuk kita secara pribadi maupun masyarakat?

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dan kegunaan dari taman. Bukan hanya sekedar sebagai sarana untuk berfoto, bermain, rekreasi dan lain lain. Ada sejumlah manfaat penting dari taman itu sendiri. Manfaat tersebutlah yang menjadikan banyaknya taman dan jenisnya yang bisa kita temui dalam suatu negara, termasuk Indonesia. Ingin tahu apa saja manfaat tersebut? Yuk simak informasinya.

1. Fungsi estetis

Kehadiran taman yang terutama adalah memiliki fungsi untuk memperindah suatu area seperti kompleks perumahan, permukiman, sekolah, perkantoran dan lain sebagainya. Anda bisa bayangkan suatu perumahan tanpa adanya taman pasti akan memperlihatkan suasana gersang bukan? Tapi Anda juga bisa membayangkan betapa menyenangkan apabila area perumahan, mall, sekolah dll yang menghijau.

2. Fungsi ekologi

Taman yang hijau mempunyai fungsi sebagai paru paru suatu kota. Di dalam taman terdapat tanaman hijau dan tumbuhan yang bisa menyerap kadar karbondioksida atau CO2, menambahkan oksigen, serta dapat menurunkan suhu dengan kesejukan dan keteduhan tanamannya. Tidak hanya itu, taman bisa sebagai area resapan air serta untuk meredamkan kebisingan. Dalam hal ini bisa terlihat betapa penting sekali fungsi taman dalam kehidupan khususnya untuk masyarakat perkotaan.

3. Tempat rekreasi

Nah, manfaat yang satu ini sudah umum diketahui bahwa taman digunakan sebagai tempat rekreasi. Anak anak juga bisa mendapatkan ruang yang bagus untuk bermain, dibandingkan jika mereka hanya menghabiskan waktu dengan televisi atau vidio game. Di sebuah taman masyarakat dapat berjalan kaki, berolahraga serta melakukan berbagai aktivitas lainnya.

4. Fungsi pendidikan

Tahukah Anda, bahwa taman bisa dijadikan sebagai ruang yang memberikan manfaat dalam hal pendidikan. Di taman biasanya ada beberapa satwa dan tanaman yang bisa dijadikan sebagai sarana belajar. Nah, apabila anak anak juga dilibatkan dalam proses pengelolaan taman, maka mereka bisa belajar dalam hal organisasi dan menghayati nilai luhur untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Demikianlah informasi singkat yang memberitahu kita mengenai fungsi dan kegunaan taman selain sebagai tempat untuk bersantai atau rekreasi. Ini hanya beberapa yang utama, sebab masih banyak lagi manfaatnya. Jika Anda ingin memperoleh manfaat tersebut juga, silahkan untuk mempergunakan fasilitas taman yang ada di daerah Anda atau membuat taman kecil sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Terangkan Design Ide Taman Minimalis Seperti Apa Yang Anda Harapkan • Kirimkan Alamat Komplet Anda Supaya Kami Survay Lokasi• Dalam Survai Lokasi Kami Akan Menerangkan Design Taman Minimalis  Apa Yang Pas di Lokasi Anda• Kualitas Tidak Perlu Di Ragukan, Kami Siap Survey Lokasi GRATIS... !!

• Hubungi Nomor Telepon Yang Kami Siapkan 📞 081282198654. • Atau Chat Lewat WhatsApp 081282198654