Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
tukang taman palembang

Jasa Pembuatan Taman Palembang Terbaik dan Handal

Jasa pembuatan taman Palembang dapat memberikan sentuhan asri dan alami sebagai bagian dari eksterior hunian atau bangunan lainnya. Jasa layanan yang membuat taman secara profesional akan membuatkan area hijau untuk menyejukkan mata dan menikmati keindahan bunga, tanaman, dan pepohonan.

Anda bisa mencoba untuk membuat taman sendiri dengan melihat panduan yang tersedia baik dari buku, majalah atau youtube. Tapi penanganan tenaga ahli yang benar-benar terbaik akan dapat memberikan tampilan taman yang mengagumkan. 

Pengertian dan Pembagian Taman 

Sebelum membuat taman Anda sendiri, ketahui terlebih dahulu pengertiannya. Taman adalah area perpaduan antara tanaman dan juga dekorasi lainnya yang ditata dengan sedemikian rupa sehingga atraktif. 

Taman dibuat sebagai area hijau untuk menambah keindahan dan juga tempat untuk berkumpul. Buat taman yang Anda dambakan dengan memperhatikan pembagiannya. Ada dua jenis taman sesuai dengan pembagiannya, taman yang dibuat oleh manusia atau yang alami tanpa sentuhan campur tangan manusia. 

1. Elemen Soft (lunak) 

Hal-hal seperti tanaman, bunga dan tanah adalah bagian lunak dari taman. 

2. Elemen hard (keras) 

Bagian yang keras dari taman termasuk seperti batu, kerikil, lantai, lampu, gazebo, kolam ikan dan lain sebagainya.

Pada umumnya, taman mengadopsi beberapa elemen keras dan lunak dan mengkombinasikan keduanya sehingga terbentuk tanam yang asri dan enak dipandang. Hal ini bisa dilakukan oleh Anda sendiri sebagai proyek yang dilakukan bersama-sama sekeluarga. 

Namun, bila menginginkan hasil memuaskan, Anda bisa memakai jasa pembuat taman yang profesional yang sudah terbiasa mengerjakan taman dengan berbagai bentuk dan konsep. Pembuatan taman bukan hanya sekedar penghias bangunan semata. Dengan memahami hal ini maka desain taman yang dibuat bisa jadi lebih bermakna. 

Manfaat Membuat Taman bagi Rumah dan Penghuninya

Taman adalah replika dari alam yang penting dibawa ke rumah Anda untuk memberikan kesegaran alami. Taman dibuat dengan berbagai pertimbangan manusia mengenai hal-hal yang disukainya. Mulai dari bunga yang disukai, suasana dari daerah yang memberikan kesan mendalam adalah hal-hal personal yang bisa membuat taman sebagai area yang bisa membahagiakan seluruh penghuni rumahnya. 

1. Menambah Nilai Estetika Rumah

Rumah dengan taman yang indah memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, kecantikan taman bisa jadi nilai estetika sebuah hunian dimana ditempatkannya. Hal utama yang mempengaruhi sebuah bangunan dari keberadaan taman adalah membuat banguna tersebut menjadi lebih indah dan juga nyaman dipandang. 

Beberapa bunga di sudut-sudut halaman menjadi tambahan manis pada rumah. Susunan beberapa bunga, daun dan semak-semak yang teratur adalah penataan dekoratif yang menjadikan taman sebagai buatan manusia yang artistik. 

2. Memperlancar Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara adalah hal penting untuk hunian baik berupa rumah, rumah susun, apartemen atau area perkantoran. Ventilasi yang melimpah akan membuat bangunan jadi dingin di waktu panas dan hangat di waktu dingin tanpa harus mengandalkan sistem penghangat atau AC. Bukan hanya sirkulasi udara dalam bangunan yang perlu diperhatikan, adanya taman memastikan adanya aliran udara mengalir dari luar ke dalam rumah dan sebaliknya. 

Bahkan penempatan taman dalam rumah dapat membantu sirkulasi udara sehingga rumah tidak terasa pengap. Oleh karena itu ketika kontraktor membuat hunian, mereka juga mempertimbangkan eksterior yang termasuk taman. Hal ini dikarenakan menjadi elemen penting untuk memastikan hunian memiliki sirkulasi udara yang cukup. 

3. Baik Untuk Kesehatan

Warna hijau pada tanaman dalam rumah baik di samping meja belajar atau dapur disinyalir dapat merelaksasi mata. Khususnya apabila Anda sudah menatap layar komputer berjam-jam atau menonton televisi seharian. Memakai perangkat elektronika bisa membuat mata lelah dan memalingkan pandangan ke area taman yang hijau bisa menyehatkan mata. 

Bukah hanya itu saja, kalau Anda perhatikan pada pot tanaman yang ada dalam rumah kadang ada debu yang menempel pada dedaunannya. Hal ini dikarenakan tumbuhan bisa menyerap debu sehingga membersihkan udara dalam rumah dan membuat kualitas hidup penghuninya jadi lebih baik. 

4. Ramah Lingkungan

Membuat taman dengan bantuan jasa pembuatan taman Palembang bisa mengurangi polusi udara secara maksimal. Tanaman hijau dapat menyerap karbon dioksida berbahaya dan menggantinya dengan oksigen yang bermanfaat baik bagi manusia. Memaksimalkan keberadaan taman di hunian dengan memakai jasa yang sudah berpengalaman menanganinya. 

Selain itu, taman dapat mengurangi polusi suara karena bisa menghalangi suara bising dari luar rumah masuk langsung ke rumah. Semakin rimbun pepohonan di taman, maka semakin baik penanganan pada kebisingan. Bahkan ada jenis taman vertikal yang menempel pada dinding dan memberikan solusi untuk suara gaduh dan menambah keindahan hunian dalam waktu bersamaaan.

5. Nilai Jual Sebuah Properti

Taman dengan penataan profesional bisa berpengaruh terhadap nilai properti. Tentu, hal ini bergantung dengan berbagai hal seperti kesesuaian dengan interior dan bentuk bangunan dan juga tampilan yang terawat atau tidak. Oleh karena itu, pada umumnya sebelum properti ditawarkan secara umum, rumah dan taman akan ditata untuk menambah nilainya di pasaran. 

Kalau Anda memiliki rumah dari kompleks dengan taman yang sudah tertata dengan baik, peliharalah dengan seksama karena ketika calon pembeli melihat taman yang tetap terawat maka akan menjadi nilai plus untuk mempertimbangkan melihat bagian dalam dan membelinya. 

Anda bisa menambah taman pada hunian dengan berbagai alasan yang sudah disebutkan di atas. Dengan demikian fungsi taman bukan hanya untuk keindahan tapi juga berfaedah untuk kualitas hidup penghuni rumah secara jangka pendek. Sedangkan dalam jangka panjang akan meningkatkan nilai propertinya. 

Jadi, memakai jasa pembuat taman Palembang adalah hal tepat, untuk memastikan taman akan memenuhi semua manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu pemilihan konsep taman menjadi hal penting untuk diputuskan sebelum membuatnya. 

Pilihan Konsep Jasa Pembuatan Taman Palembang Yang Bisa Anda Terapkan 

Pada dasarnya, taman ada beberapa konsep taman yang bisa dibuat oleh jasa pembuat taman Palembang sesuai dengan luas lahan yang ada. Setidaknya ada beberapa konsep dasar yang bisa jadi panduan untuk Anda pakai sebagai dasar untuk mengembangkan tampilan taman pada hunian, perumahan kompleks atau bangunan lainnya.

Jangan lupa kalau konsep taman juga menyesuaikan dengan desain arsitektur bangunannya. Rumah minimalis tentu akan lebih pas menerapkan taman yang minimalis pula. Oleh karena itu, pemilihan konsep taman tidak bisa dipisahkan dari tampilan eksterior bangunan. Berikut adalah beberapa pilihan konsep taman yang bisa Anda terapkan. 

1. Konsep Taman Minimalis

Hunian yang mungil bukan berarti tidak bisa memiliki taman di dalamnya. Anda bisa memakai konsep taman minimalis yang sederhana dan tidak terlalu ramai dengan dekorasi. Inti dari konsep ini adalah menonjolkan satu atau dua hal sebagai titik fokus dari taman. Jadi, tidak memerlukan banyak tempat atau bunga dan tanaman. 

Aspek minimalis bisa didominasi dengan tanaman tertentu atau bebatuan dan elemen taman lainnya. Menonjolkan kesan minim bisa juga menekankan fungsi, misalnya bangku taman yang menghadap ke area taman untuk bersantai dan juga bisa menikmati pemandangan. Hal yang perlu diperhatikan dari konsep taman minimalis adalah : 

  • Cocok untuk lahan terbatas 
  • Tidak memakai banyak variasi dekorasi baik bunga atau material lainnya 
  • Menonjolkan salah satu area sebagai pusat perhatian. 

2. Konsep Taman Kering

Ingin memiliki taman tapi khawatir tidak memiliki waktu untuk merawatnya seperti menyiram tanaman atau menyiangi gulma. Anda dapat memilih gaya taman kering yang minim perawatan. Inti dari penataan taman konsep kering adalah memilih berbagai elemen taman yang bisa dibiarkan begitu saja dan tetap menyegarkan mata dan bisa tumbuh subur. 

Tanaman seperti sukulen, kaktus, siklas, patah tulang siklok, dan lili Paris bisa dijadikan opsi. Kombinasikan dengan bebatuan, kerikil dan kayu untuk menambahkan estetika agar taman bisa tampil beragam. Kalau ingin hasil yang profesional, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan taman Palembang yang berpengalaman membuat jenis taman yang kering dan minim perawatan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari jenis taman kering adalah 

  • Pemilihan komponen yang tidak membutuhkan penyiraman secara rutin 
  • Penonjolan pada elemen batu, kerikil atau tanaman yang biasa tumbuh di gurun 
  • Harus cermat bila ingin menambahkan tanaman hijau yang menyejukkan mata
  • Cocok untuk rumah minimalis 

3. Konsep Taman Modern

Taman modern kerap dipikir hanya berkonsep minimalis, sebenarnya ada gaya lain yang bisa diterapkan. Konsep taman modern umumnya memang minim ornamen layaknya gaya minimalis, tapi bisa juga memanfaatkan teknologi modern.

Konsep ini dapat membuat air terjun mini, kolam kecil, gazebo, jalan setapak sampai mengadopsi penanaman hidroponik. Umumnya kesan modern ditekankan pada kemudahan yang nyaman seperti adanya area untuk bersantai dan tanaman atau dekorasi yang tidak terlalu banyak. Hal yang bisa ditonjolkan dari konsep taman ini adalah 

  • Pencahayaan yang buat tampilan dramatis di malam hari 
  • Membuat area taman yang alami dengan bantuan teknologi seperti mesin pengalir air, lampu, dan lain sebagainya. 
  • Perhatikan instalasinya yang perlu penanganan ahli 

4. Konsep Taman ala Jepang

Taman Jepang memiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah dikenali. Konsepnya menonjolkan unsur alam secara seimbang baik elemen air, tanah, udara sehingga menampilkan taman yang alami atau setidaknya ada unsur yang mewakili semua elemen natural. 

Ada bisa menempatkan kolam dari perwakilan air, kerikil dan bebatuan dengan alur tertentu yang mewakili udara dan tanaman sebagai elemen tanah. Beberapa dekorasi khas Jepang seperti tanaman bonsai, ikan koi ada beberapa pilihan ikonik dari taman yang mengambil inspirasi dari Negeri Sakura ini. Hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan konsep taman ala Jepang adalah : 

  • Perwakilan tiap unsur alam dari air, tanah, udara, api 
  • Bila ada area luas dapat menghiasnya dengan kerikil dan bebatuan yang dibentuk sedemikian rupa. 
  • Perhatikan berapa banyak tanaman yang dipakai pada taman jenis ini, secara umum taman ala Jepang minim dengan dekorasi. 

5. Konsep Taman ala Mediterania

Penataan taman seringkali terinspirasi dengan suatu daerah tertentu yang memberikan nuansa tertentu. Contohnya adalah daerah Mediterania yang hangat dengan cahaya matahari dan warna-warna cerah yang menyegarkan. Konsep taman Anda juga bisa mengambil ide dari daerah Mediterania yang berada di pesisir pantai dan memberikan kesan liburan yang menenangkan. 

Gunakan warna seperti koral, krem dan terakota yang hangat sebagai dasar konsep taman Anda. Pilihan bunga atau tanaman cukup variatif karena semakin kaya warna malah semakin cocok dengan konsep taman ini. Pilihan pohon yang besar, bunga yang tinggi adalah dekorasi yang tepat dari taman ala Mediterania ini. Hal yang perlu Anda ingat ketika akan memakai konsep ini adalah adalah : 

  • Cocok diterapkan untuk hunian yang memiliki lahan taman luas. 
  • Pilihan dekorasi berukuran besar 
  • Pilih warna netral yang mendekati warna alami 

6. Taman Vertikal 

Ini adalah konsep taman modern yang sedang trending untuk hunian, kantor atau kebutuhan bangunan besar lainnya. Taman berbentuk vertikal umumnya memanfaatkan dinding dan memenuhinya dengan media tanam. Secara umum pemesanan dan bahkan pemeliharaan jenis taman ini relatif lebih mahal dibandingkan konsep taman lainnya. Tapi dengan penggarapan yang tepat, ini bisa jadi taman yang pas untuk Anda. 

Taman vertikal bisa memanfaatkan area sempit dan menambahkan elemen hijau yang simple dan juga enak dipandang. Penyanggah, struktur dan komposisi tanaman perlu dipilih dengan cermat agar memastikan tampilan hijaunya tidak berubah karena ada bagian yang kering atau berjatuhan. Oleh karena itu, lebih baik memakai jasa pembuat taman Palembang yang benar-benar ahli dalam membuat konsep taman ini. Tidak semua jasa pembuat taman bisa melakukannya. Hal yang harus diperhatikan adalah 

  • Pendanaan, pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk pemasangan dan juga perawatan. 
  • Area yang akan dipasangkan taman vertikal harus cukup luas 
  • Pastikan ditangani oleh jasa pembuat taman yang ahli dalam pemasangan dan juga perawatan

7. Konsep Tematik 

Mengangkat suatu tema tertentu akan memudahkan penataan taman, tapi bisa juga menantang kalau tema yang dipilih sangat spesifik atau minim inspirasinya. Anda bisa menginginkan taman anggrek, taman bonsai, taman yang semua pilihannya adalah merah atau hijau. Anda juga bisa juga terinspirasi dari tokoh kartun atau ingin membuat taman ala desa Smurf atau Negeri Dongeng. 

Kalau Anda memiliki konsep unik tersendiri yang tidak lazim, pakai jasa pembuatan taman Palembang yang ahli membantu Anda mewujudkannya. Pengerjaan taman juga terbilang proses kreatif yang tentu bisa mengusung tematik tertentu dan menjadikan hunian Anda lain daripada tanaman lainnya. 

8. Konsep Taman Klasik

Membuat taman bukan hanya menyusun bunga, tanaman dan kerikil saja. Memikirkan suatu tema akan membantu pemilihan dan penataannya. Ambil contoh taman klasik yang akan mengingatkan Anda dengan era Renaissance dimana semua serba teratur dan mewah. 

Taman klasik berkiblat pada penataan gaya eropa dengan labirin yang dibuat dari tanaman hijau yang tinggi menjulang, danau besar, air mancur, dan patung berukuran besar berwarna putih dengan area taman yang luas untuk berjalan-jalan sore. Elemen yang harus ada untuk konsep ini adalah : 

  • Area taman yang luas, cocok untuk perkantoran atau perumahan 
  • Dekorasi ditonjolkan pada tanaman hijau, patung dan air mancur 
  • Penataan bunga sesuai dengan kelompok warnanya yang teratur 

Setelah memilih salah satu konsep taman di atas. Anda bisa memutuskan untuk memakai satu jenis konsep atau menggabungkan beberapa konsep taman untuk membuat taman Anda semakin menarik. Sebelum membuat taman, Anda juga butuh mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih salah satu konsep taman tertentu. Dengan demikian konsep yang dipilih akan cocok dengan area yang tersedia. 

Desain Jasa Pembuatan Taman Palembang Sesuai Lokasinya

Taman ditata berbeda berdasarkan lokasi dan area yang tersedia. Anda bisa menerapkan taman pada semua area yang mengelilingi hunian, bisa juga hanya memilih beberapa wilayah saja. Taman di depan , samping atau belakang rumah tentu berbeda-beda. 

Walau Anda bisa menerapkan satu konsep taman dimana saja pada lahan yang tersedia, ada beberapa konsep yang lebih cocok pada area tertentu. Sebagai inspirasi ada beberapa konsep taman yang bisa Anda terapkan sesuai dengan posisinya dari hunian. 

Inspirasi Taman Depan Rumah 

Konsep taman depan rumah baik yang memiliki pagar atau tidak dapat dieksekusi sesuai dengan selera pemilik rumah. Coba bayangkan, bisa memiliki taman luas depan rumah, tentu area tersebut yang pertama dilihat dari luar rumah, terlepas ada pagar untuk menutupinya atau tidak. Oleh karena itu taman di depan rumah memiliki keistimewaan tersendiri. Bagi Anda yang sedang mencari ide desain taman depan rumah berikut ini. 

1. Memaksimalkan Taman Depan Tanpa Pagar

Anda yang tinggal di kompleks perumahan dengan keamanan ketat, bisa menerapkan desain taman depan rumah tanpa memakai pagar. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan tampilan taman dengan kreasi dengan memperhatikan beberapa hal. 

  • Fokus pada bagian tengah untuk menghemat tempat. 
  • Buat jalan setapak yang mengarah dari pintu depan sampai jalan 
  • Penempatan tanaman bisa dibuat mengikuti jalan setapak yang dibuat depan rumah.
  • Susun tanaman tinggi sebagai pengganti pagar
  • Terapkan teknik edging yang menjadi pembatas untuk menetapkan bagian-bagian taman. 

Taman yang terletak pada depan rumah tanpa pagar memberikan lebih banyak ruangan untuk tamannya. Jadi tidak ada pembatas yang bisa dipakai untuk mengerjakan taman dengan jalan umum di depan rumah. Orang yang melewati rumah Anda bisa langsung melihat taman yang ada di depan rumah. Tentu, Anda perlu memastikan kalau pemandangan yang ditawarkan adalah sebuah taman cantik yang sedan dipandang dan membuat orang yang lewat berdecak kagum. 

2. Taman Depan Rumah Dengan Area Terbatas 

Hunian, khususnya di perkotaan bentuknya semakin mengecil. Anda jadi harus lebih kreatif bila ingin memiliki taman di depan rumah. Walaupun berukuran kecil, bukan berarti tidak ada cara untuk menyiasati area untuk menaruh tanaman. Berikut adalah beberapa inspirasi taman depan rumah dengan area minim. 

  • Taman di teras, letakkan pot baik di lantai atau digantung. 
  • Susun pot pada dinding rumah. 
  • Buat elemen air seperti kolam kecil, bird bath atau air mancur kecil. 
  • Taman depan dengan meja dan kursi taman untuk bersantai
  • Dinding air terjun yang disesuaikan dengan ukuran taman. 
  • Pot kecil di meja bisa jadi sentuhan manis yang Anda butuhkan
  • Letakkan Pot bunga pada tangga 

Taman kecil tetap dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi penghuninya. Dengan area yang terbatas, Anda justru jadi berupaya lebih keras untuk mengoptimalkan area yang ada. Jadi, hasil akhir taman yang dibuat adalah karya terbaik yang bisa dihasilkan. 

3. Taman Depan Rumah Dengan Pagar 

Jasa pembuatan taman Palembang akan bisa membantu Anda untuk menemukan ide pengaturan taman pada depan rumah yang memiliki pagar. Keberadaan pagar bisa dijadikan elemen penunjang untuk taman depan rumah Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat taman di depan dengan pagar adalah. 

●Menanam bunga dan tumbuhan berukuran kecil yang menempel pada pagar. Pilih tanaman yang tidak melebihi pagar hunian Anda. 

●Taman diluar pagar. Letakkan beberapa pot atau tanaman yang membuat garis mengikuti pagar yang berada diluar pagar untuk orang yang berlalu lalang bisa nikmati. Pastikan Anda tidak melanggar aturan landscape ketika melakukan hal ini. 

●Area santai di taman depan rumah dengan pagar tinggi. Kalau yakin orang luar pagar tidak bisa melihat ke dalam, Anda bisa membuat gazebo atau meletakkan meja dan kursi taman sebagai tempat bersantai. 

●Taman depan rumah sampai masuk ruang keluarga. Anda bisa memperluas taman depan rumah hingga sampai ruangan paling terdepan sehingga ada area lebih yang bisa dihiasi tumbuhan dan bunga. 

Pagar yang sudah ada bisa jadi pembatas yang Anda butuhkan untuk mengerjakan taman yang bisa dinikmati secara privat atau tidak. Pagar yang tertutup rapat memberikan lebih banyak privasi sedangkan pagar berongga dan memungkinkan orang luar pagar melihat kedalam lebih berupa tambahan estetik yang bisa dinikmati dengan tamannya. 

Inspirasi Taman Samping Rumah 

Tidak punya area untuk dijadikan taman di depan rumah? Sisa ruang di samping rumah bisa dijadikan sebagai taman dengan penataan yang tepat. Taman tidak selalu harus ada dibuat pada area yang luas, samping rumah walau sempit bisa jadi pemandangan taman yang segar dengan menatanya dengan beberapa cara, berikut inspirasinya. 

1. Hiasan Dinding 

Taman yang dibuat pada samping rumah bisa mencoba konsep taman vertikal yang ditata pada dinding. Daripada membiarkan dinding polos saja, mendesainnya dengan taman vertikal adalah pilihan yang tepat. Kalau ingin pilihan yang hemat, bisa memasang pot-pot bunga pada dinding. 

2. Jalan Setapak 

Sulap taman samping dengan fokus jalan setapak dengan memakai batuan berukuran besar. Buat jalannya berbentuk bergelombang agar lebih menarik. Sisi-sisi jalan bisa dihiasi dengan tanaman sepanjang samping rumah.

3. Bebatuan 

Ingin tampilan beda pada samping rumah selain tamanan? Bisa pilih bebatuan dan kerikil yang disusun dengan sedemikian rupa sehingga membentuk taman disamping rumah yang menarik. Padukan dengan jalan setapak sehingga terlihat serasi. 

4. Tanaman Berukuran Besar 

Kehadiran tanaman hijau yang disusun bisa jadi pilihan untuk jadi area hijau di samping rumah. Anda bisa memasang bambu yang tidak memakan banyak tempat tapi menjulang tinggi. Bisa juga memilih tanaman rambat yang menjalar di dinding secara alami. 

5. Lantai Tertata

Pikirkan kepraktisan saat membuat taman. Menempatkan lantai pada samping rumah dan membiarkan sebagian lagi untuk tanaman, bunga, dekorasi bahkan kursi taman selain bisa jadi tempat bersantai juga lebih mudah dibersihkan. Anda akan betah berlama-lama di taman dengan lantai yang nyaman. 

Area samping rumah baik yang luas atau tidak bisa dirubah menjadi taman yang cantik. Pakai jasa pembuatan taman Palembang bila Anda kesulitan untuk menerapkan suatu konsep di sana. Tentu area yang memanjang menjadi tantangan tersendiri untuk menyesuaikannya menjadi taman yang bisa dinikmati semua penghuni rumah dan orang-orang yang berkunjung. 

Inspirasi Taman Belakang Rumah

Taman belakang kerap memiliki area yang cukup luas untuk dikreasikan dengan dekorasi atau tumbuhan. Selain itu, posisinya yang berada di belakang menjamin adanya privasi dari pandangan orang luar yang melalui hunian. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda tonjolkan dari taman yang terletak di belakang rumah ini. 

1. Buat Ruang Terbuka

Tambahkan akses ke taman belakang dengan menempatkan dinding kaca yang bisa dibuka. Dengan demikian taman bisa terlihat dari dalam rumah dan kalau ingin lebih luas, tinggal membukanya saja. Area akan jadi lebih luas dengan membuat ada sekat yang bisa ditutup dan buka pada area belakang dan dalam rumah. 

2. Menyatu Dengan Ruangan 

Dapur, ruang makan atau kolam renang bisa dibuat secara menyatu dengan taman belakang. Pikirkan pemakaian kanopi atau atap dengan sisi-sisi penyanggah sehingga menjadi area yang bisa digunakan untuk memasak atau bersantai di belakang rumah bergabung dengan taman. 

 3. Manfaatkan Dinding 

Hampir semua bagian rumah bisa membuat taman yang dibuat vertikal menempel pada dinding, hal yang sama bisa dilakukan dengan taman di area belakang rumah. Apalagi bila Anda punya rumah dengan dua lantai atau lebih. Penempatan taman vertikal bisa diterapkan sampai setinggi lantai berikutnya. 

4. Memanfaatkan Barang Bekas 

Palet yang sudah tidak dipakai bisa jadi pot bunga atau bahkan disusun sebagai area duduk yang nyaman. Ban bekas atau perabotan yang sudah usang bisa disulap jadi pot yang ditempatkan dibelakang rumah, tentu penerapannya disesuaikan dengan material yang ada juga konsep yang diinginkan. 

5. Area Api Unggun

Tidak sulit membuat api unggun dibelakang rumah. Anda hanya perlu memastikan ada area kosong yang aman dari kayu, atau peralatan lainnya sehingga api tidak menjalar kemana-mana. Susun batuan secara melingkar dan Anda punya tempat seru untuk nongkrong di belakang rumah. 

6. Bangunan di Taman 

Anda bisa membuat gazebo atau area lain di taman belakang yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan taman. Anda bisa juga membangun kolam ikan atau kolam renang bila memungkinkan. Dengan demikian ada area khusus di belakang rumah yang mengadopsi konsep outdoor untuk menikmati taman dan bersantai. 

7. Area Berkebun 

Taman juga bisa menjadi wilayah Anda berkebun. Coba tanam tomat, cabe, jagung atau rempah yang Anda gunakan sehari-hari untuk memasak. Jadi, selain untuk memanjakan mata, ada juga tanaman yang bisa Anda gunakan untuk makan. 

Buatlah taman yang berada di belakang rumah yang cantik dan bisa dinikmati bersama-sama. Perhatikan berbagai inspirasi yang bisa Anda coba untuk terapkan pada taman belakang rumah Anda sendiri. Tinggal pilih mana yang paling tepat sesuai dengan keinginan dan kesepakatan bersama. 

Inspirasi Taman Dalam Rumah 

Taman tidak selalu harus berada di luar rumah, bahkan dalam rumah juga bisa. Tentu membuatnya harus memperhatikan penerangan, sirkulasi udara, pemeliharaan dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa inspirasi taman dalam rumah yang bisa Anda kembangkan sendiri. 

1. Tanaman Kecil 

Anda perlu memperhatikan jenis pohon yang ingin ditempatkan dalam rumah, pastikan akarnya tidak merusak konstruksi rumah. Kalau ingin aman, Anda bisa memakai pot saja. Tempatkan dimana saja dalam rumah, kalau bisa letakkan sebagai titik pusat dari rumah. Walaupun bisa juga ditaruh pada area yang kosong untuk memenuhinya. 

2. Bagian atas

Anda ingin tanaman di taman dalam rumah tetap mendapat cukup sinar matahari. Hal ini bisa dilakukan dengan membiarkan bagian taman terbuka atau membuatnya tertutup dengan memakai atas dengan sekat kayu, kanopi atau material lainnya. Jadi selain mendapatkan pencahayaan alami tapi juga guyuran air hujan. 

3. Taman Kering 

Ingin taman di dalam rumah yang praktis? Gunakan kaktus, batu atau bambu yang bisa hidup dengan minim air atau sinar matahari sehingga Anda tidak perlu direpotkan dengan perawatan tapi rumah tetap terlihat asri. Konsep taman yang kering adalah opsi yang bisa Anda pertimbangkan untuk dalam rumah. 

4. Manfaatkan Area Kosong di bawah Tangga 

Anda perlu bijak dalam menempatkan taman yang adanya di dalam rumah. Pastikan tidak mengganggu ruang gerak dan tetap bisa terpelihara dengan baik. Anda bisa membuat taman kecil pada salah satu sudut rumah atau menggunakan area dibawah tangga agar jadi lebih hidup. 

5. Penghubung Ruangan 

Kalau Anda menyukai konsep rumah terbuka, bisa membuat taman di tengah-tengah rumah dan menjadikannya penghubung ke ruangan lainnya. Jadi, daripada memakai sekat, bisa memanfaatkan taman dengan penataan yang apik dan cantik. 

6. Taman Ala Jepang 

Taman dengan konsep jepang memakai material kering seperti kerikil dan batu yang bisa disusun sedemikian rupa sehingga dalam rumah Anda bisa memiliki taman walaupun ruangannya terbatas. Cari jasa pembuatan taman Palembang yang biasa melakukan pengerjaan taman jenis ini. 

7. Taman Kecil 

Rumah kecil tetap bisa membuat taman kecil di dalamnya. Bisa berupa taman vertikal yang menempel pada salah satu dinding, bisa juga berupa pot besar yang berisikan beberapa tumbuhan mikro yang hijau dan bisa disulap menjadi taman miniatur.

Daerah belakang rumah umumnya memberikan lebih besar kenyamanan karena tidak terekspos dan bisa dilihat dari luar rumah. Selain itu, ukurannya kerap kali cukup besar sehingga bisa dikreasikan dengan lebih bebas. 

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Taman 

Gunakan checklist berikut untuk memperhatikan semua elemen penting dalam membuat taman. Ingat kalau area di luar rumah ini selain cantik dan aman juga perlu diperhatikan tampilannya baik pada siang atau malam hari. Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. 

1. Luas Area Taman 

Bagian luar bangunan yang kerap dijadikan taman tentu menempati area tertentu. Luas dan lebar area tertentu menentukan konsep yang nantinya akan diterapkan pada taman. Bisa dibelakang, samping atau di depan rumah. Semakin luas area bukan berarti Anda lebih bebas menentukan konsep taman. 

Jasa pembuatan taman Palembang yang handal akan bisa membuat taman dengan ukuran apapun. Baik yang memiliki area terbatas atau area taman yang luas, keduanya memiliki tantangan untuk didesain menjadi taman yang bisa dinikmati semua orang. Lihat juga penjabaran konsep taman yang sudah dibahas di atas. 

2. Keinginan Penghuni 

Hal lain yang perlu dipertimbagkan adalah permintaan dari pemilik rumah mengenai jenis taman yang diinginkannya. Mungkin mereka pernah berkunjung ke suatu tempat dan terinspirasi untuk menerapkan taman yang sama di rumahnya. Bisa juga penghuni rumah tidak memiliki ide sama sekali karena tidak pernah memikirkan desain taman sebelumnya. 

Coba untuk melakukan diskusi dengan jasa pembuat taman mengenai konsep apa yang cocok diterapkan pada hunian Anda. Menggandeng jasa pembuat taman yang kenamaan dan profesional akan memastikan taman Anda tampil dengan bagus. 

Pertimbangkan keinginan penghuni rumah, apa saja elemen yang bisa diterapkan dan apa saja yang tidak bisa. Jadi, ada jalan tengah yang akan bisa memuaskan semua pihak. Pada akhirnya, hasil dari konsultasi dengan jasa pembuatan taman adalah penataan yang bagus sesuai dengan harapan semua orang. 

3. Pendanaan 

Taman adalah bagian eksterior rumah yang kerap dianggap sebagai fasilitas yang tidak mendesak dan bisa ditunda. Oleh karena itu, banyak rumah yang bahkan tidak membuat taman sama sekali dan membuat ruang luas untuk parkir mobil, menaruh perabotan luar ruangan dan masih banyak lagi. 

Kalau memutuskan untuk membuat taman, maka keputusan ini perlu didukung dengan pendanaan yang sesuai. Mulai dari membeli bunga, pupuk, pot, pestisida dan lain sebagainya semua adalah pengeluaran yang perlu diperhitungkan. Untungnya, untuk pengerjaan taman, ada saja pihak yang dengan senang hati membuatkan taman sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Walaupun Anda kekurangan dana, pembuatan taman bisa dilakukan secara tahapan atau memilih model taman yang sesuai dengan isi kantong. Tentu dengan komunikasi yang lancar, klien puas dengan hasil akhir taman dan tidak mengeluarkan terlalu banyak uang. 

4. Proses Pengerjaan 

Jasa pembuatan taman Palembang yang handal memiliki sistem pengerjaan pesanan yang jelas. Hal ini meliputi banyak hal seperti luas area, peralatan kecil, peralatan besar yang membutuhkan persiapan matang yang tidak sebentar. Mulai dari desain sampai pengerjaannya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membuat taman. 

Pastikan Anda mendapatkan estimasi pengerjaan dari jasa pembuat taman Palembang yang detail. Dengan demikian ada perkiraan kapan proses pembuatan taman bisa diselesaikan. Hal tersebut bisa dijadikan panduan untuk memantau seberapa jauh pengerjaan taman dan kemungkinan bisa keluar tepat waktu atau sedikit meleset. 

5. Pencahayaan 

Hal apa yang dibutuhkan taman selain pengairan? Iya, sinar matahari yang bisa membantu tanaman dan bunga tumbuh subur. Pastikan area taman mendapatkan cukup pencahayaan sehingga tidak mudah kering atau mati. Area taman dibelakang rumah yang dikelilingi dengan tembok tinggi bisa jadi problema untuk memastikan area taman mendapatkan cukup sinar matahari. 

Anda bisa berkonsultasi dengan jasa pembuat taman untuk memastikan area taman yang diinginkan sesuai dengan landscape dan area sekitarnya. Pertimbangkan juga penerangan di malam hari yang bisa dibantu dengan menempatkan lampu-lampu di sekeliling taman. Ada banyak jenis lampu yang bisa memberikan berbagai efek pada tampilan taman di malam hari. 

6. Perawatan 

Pertimbangkan pemeliharaan taman bahkan sebelum taman dibuat. Hal ini memastikan kalau tampilan taman akan selalu terpelihara dan tidak dibiarkan terbengkalai karena tidak ada yang mengurusnya. Anda bisa membuat taman kering yang minim pemeliharaan bila merasa tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan taman. 

Bisa juga Anda membuat taman yang minimalis sehingga walaupun membutuhkan adanya penyiraman atau sedikit bebenah, bisa dilakukan sesekali dan tidak terlalu sering. Beda halnya kalau Anda memiliki tukang kebun sendiri yang tugasnya memang untuk merawat taman saja. Pilihan konsep taman yang bisa Anda terapkan jadi semakin variatif. 

7. Jasa Pembuatan Taman 

Hal yang paling penting dalam membuat taman adalah jasa layanan yang dipilih. Karena ketika sudah memilih untuk memakai jasa profesional, tentu perlu memilih yang terbaik sesuai dengan ekspektasi dan dana yang dikeluarkan. 

Cari referensi beberapa jasa pembuat taman terbaik baik melalui referensi teman atau keluarga. Anda bisa juga mencari secara online, kini banyak layanan pembuatan taman yang memiliki situs resmi yang bisa dikunjungi dan dipelajari. Pilih jasa pembuat taman yang paling bagus sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. 

Keuntungan Memakai Jasa Pembuatan Taman Palembang 

Mendesain sebuah taman baik yang luas maupun minim, bukanlah hal yang mudah. Jika memimpikan sebuah taman yang mempesona dengan desain menarik, meminta bantuan jasa pembuat taman Palembang mungkin adalah langkah terbaik dibandingkan melakukannya sendiri tanpa pengalaman sama sekali.

Terdapat berbagai alasan untuk memilih jasa pembuat taman terbaik dalam membantu pemilik hunian atau perkantoran untuk memastikan taman yang diinginkan bisa terealisasi dengan seksama. Mulai dari konsultasi bentuk taman, biaya, pengerjaan sampai perawatan dilakukan secara profesional. Berikut adalah beberapa keuntungan memakai jasa pembuat taman yang bisa Anda rasakan. 

1. Terbantu Memutuskan Konsep 

Jasa pembuat taman paling memahami konsep taman, tumbuhan dan elemen lainnya yang tepat sesuai dengan area bangunan yang Ada. Bantuan ini sangat menolong calon pemilik rumah untuk menerakan taman sesuai dengan keinginannya. 

Anda dapat melihat-lihat beberapa pilihan pengerjaan taman yang pernah dilakukan oleh jasa pembuat taman sebelumnya. Lihat desain, struktur arsitektur, hingga estetika dari tampilan taman secara menyeluruh. Keberadaan jasa pembuat taman akan bisa menolong pemilihan konsep taman yang akan dikerjakan. 

2. Bertanya Dengan Tenaga Ahli

Kebingungan dalam membuat taman yang menarik bisa terjadi pada siapa saja. Untuk menentukan desain taman yang paling tepat adalah dengan memahami secara intensif dengan para jasa pembuat taman yang terbaik dan berpengalam dalam bidangnya. 

Anda akan mendapatkan jawaban berkualitas dari ahlinya sesuai dengan keinginan pemilik hunian. Hal seperti tanaman apa yang cocok dengan konsep tertentu, elemen yang membentuk taman yang mengesankan dan masih banyak pertanyaan lainnya. 

3. Proses Diskusi

Penghuni hunian memiliki inspirasi yang ingin diterapkan pada taman dan layanan pembuat taman bisa mengarahkan apakah keinginan tersebut bisa diwujudkan atau tidak. Proses ini perlu dilakukan agar pembuatan taman sesuai dengan ekspektasi dan realita. 

Anda bisa melakukan brainstorming dengan tenaga ahli dalam membuat taman yang bisa memberikan pencerahan untuk konsep taman yang tepat. Adanya komunikasi ini menjadi keuntungan besar bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan mengenai tanaman atau membuat taman.

4. Membantu Menentukan Bentuk Taman yang Paling Cocok

Setelah mengetahui ada berbagai jenis taman yang bisa dipilih dan memutuskan area yang akan disulap menjadi taman. Tiba saatnya untuk memiliki salah satu atau kombinasi beberapa konsep dan mewujudkannya. Setelah membuat pilihan, jasa pembuatan taman Palembang akan mengikuti opsi yang Anda pilih dan mulai proses pengerjaannya.

Jasa ini akan mengikuti keinginan penghuni hunian mengenai taman yang diinginkannya dan memberikan saran-saran konstruktif yang bisa membuatnya jadi lebih baik sesuai pengetahuannya. Hal ini disebabkan karena mereka sangat memahami bidang pertamanan dan cara terbaik untuk menikmatinya. 

5. Memberikan Taman Terbaik

Saat memutuskan untuk membuat taman, pasti penghuni rumah akan menemukan kesulitan dalam menjalani prosesnya. Hal ini suatu hal yang wajar karena membuat taman kerap dianggap sebagai hal yang sepele, sedangkan sebenarnya tidak mudah dilakukan. Ada saja hal kecil yang jadi masalah yang sebelumnya tidak diduga. 

Karena jasa pembuat taman memiliki pengalaman dan pengetahuan maka merupakan solusi terbaik untuk memakai tenaga profesional untuk hasil yang benar-benar bagus. Dengan demikian, Anda tidak membuang uang atau waktu untuk mencoba melakukannya sendiri. 

6. Melakukan Perencanaan Anggaran Biaya

Jasa pembuat taman bukan sekedar tukang yang menyusun bunga dan tumbuhan saja. Bahkan kalau Anda mencoba melakukannya sendiri, belum tentu tanaman yang Anda bentuk menjadi sebuah taman, tidak mati pada keesokkan harinya. Jadi, kalau Anda berpikir memakai jasa pembuatan taman adalah pengeluaran yang tidak perlu, melakukannya sendiri tanpa pengetahuan juga termasuk pemborosan. 

Pembuatan taman yang profesional akan memberikan hitungan sistematis, penyesuaian anggaran dan pengerjaan sesuai dengan perkiraan biaya yang sudah disepakati sebelumnya. Tentu Anda harus menyediakan uang lebih untuk mengantisipasi adanya kekurangan. 

Tapi, secara umum jasa layanan ini sudah berpengalaman dan akan memberikan estimasi pengeluaran yang paling mendekati akurat sampai pengeluaran tidak terduganya. Ini tentu merupakan keuntungan besar dalam memaksimalkan jasa pembuatan taman dalam membangun eksterior hunian Anda dengan baik. 

7. Hemat Waktu dan Tenaga

Keuntungan memakai jasa pembuat taman yang paling besar adalah pengetahuannya. Pengerjaan seseorang atau tim yang menguasai suatu bidang tentu akan berbeda dengan yang sekedar menyukai berkebun saja. 

Pengerjaannya lebih cepat dari pada Anda kerjakan sendiri. Selain itu tenaga yang berpengalaman tentu akan lebih cepat mengerjakan sesuatu dibandingkan mereka yang tidak berpengalaman. 

Membangun taman bukanlah perkara mudah, hal yang kerap terjadi adalah pekerjaan kreatif yang sebenarnya terjadi berdasarkan proses pemikiran lama dengan berbagai pertimbangan. Jadi, percayakan pembuatan taman yang Anda inginkan hanya dengan jasa pembuat taman yang handal dan berkualitas. Anda akan memperoleh hasil akhir yang sesuai dengan keahlian mereka. 

8. Koneksi yang Luas dan Profesional

Melalui pengalaman bertahun-tahun membuat taman, jasa layanan yang tepat akan bisa membuat rekomendasi yang tepat mengenai taman dan berbagai penunjangnya. Misalkan jenis meja dan kursi yang tepat dipasang di taman atau gazebo dan air mancur sebagai pelengkap taman. 

Jasa pembuatan taman Palembang mungkin bisa melakukannya sendiri. Tapi bisa juga mereka mempunyai koneksi pembuat gazebo, pembuat kolam dan kebutuhan penunjang taman lainnya. 

Jasa pembuat taman profesional umumnya memiliki koneksi luas sesuai bidangnya. Jadi, Anda tinggal mempertimbangkan apakah menerima rekomendasinya atau ingin mencari sendiri. 

9. Pemahaman Visualisasi Taman yang Baik

Orang umum akan melihat sebuah taman dan berkomentar apakah taman itu bagus atau tidak. Kelebihan memakai jasa layanan taman adalah kemampuan mereka untuk memvisualisasikan keinginan klien dan membuatnya menjadi taman yang sesuai dengan pesanan. 

Bahkan layanan jasa pembuat taman yang baik bisa menjelaskan konsep taman yang Anda bahkan tidak terpikirkan bisa dibuat. Dengan demikian Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk desain taman untuk dipertimbangkan. 

Pakai jasa pembuat taman yang berpengalaman. Bandingkan beberapa penyedia jasa yang bisa Anda temukan dan jatuhkan pilihan pada opsi yang paling tepat. Lakukan diskusi mengenai harapan taman yang Anda inginkan dan perhatikan penjelasannya apakah mudah Anda pahami atau tidak. 

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah berapa pengeluaran yang Anda keluarkan untuk memiliki taman yang dibuat dengan jasa profesional. Selain ada harga tumbuhan, bunga, lampu dan elemen taman lainnya, biaya tukang kebun yang digunakan juga perlu dipertimbangkan. 

Harga Tukang Taman dari Jasa Pembuatan Taman Palembang 

Apakah Anda mengetahui berapa harga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan taman sesuai dengan harapan? Pengerjaan jasa taman memerlukan lebih banyak tukang tergantung luasnya taman yang ditangani. Jumlah pekerja juga mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Secara tidak langsung, tenaga kerja menambahkan biaya yang perlu dikeluarkan seseorang untuk pembuatan tamannya. 

Beberapa pekerjaan jasa pembuatan taman yang mempengaruhi harga yang diajukan termasuk : 

● Pembersihan lahan yang tersedia

● Pengamparan elemen tanah dan elemen keras lainnya 

● Persiapan komponen tanam, pupuk dan juga tempatnya

● Penanganan elektrikal baik untuk air mancur atau penempatan lampu taman 

● Penataan semua elemen soft seperti bunga dan tumbuhan dan elemen keras seperti batu dan kerikil menjadi satu kesatuan yang menyatu. 

Harga yang ditagihkan pada klien adalah jumlah tenaga pekerjaan yang akan melakukan semua hal yang sudah dijabarkan diatas diluar dari persiapan tanamannya. Jadi, semakin banyak pekerja yang disewa maka pekerjaan akan lebih cepat. 

Harga jasa pembuatan taman Palembang bervariatif sesuai dengan konsep taman dan tingkat kesulitannya. Oleh karena itu, tanyakan mengenai estimasi pengerjaan taman dengan detail dan jelas sebagai bahan pertimbangan Anda. 

Pengeluaran yang Anda keluarkan untuk pembuatan taman umumnya termasuk beberapa hal ini. 

● Tanaman 

● Bunga 

● Tenaga tukang 

● Media tanam 

● Kerikil, batu 

● Semen, pasir 

Ingat kalau semakin banyak pekerja juga berarti semakin besar tagihan yang harus diselesaikan. Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk memastikan biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan taman bisa diminimalisir. 

Tips Berhemat Dalam Membuat Taman 

Anda dapat mengerjakan pembuatan taman untuk mengurangi biaya tukang. Tapi kalau Anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang berkebun, ada kemungkinan besar taman tidak terbentuk sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan jasa pembuatan taman Palembang yang handal untuk memastikan taman yang dibuat tidak menguras isi kantong Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan termasuk. 

●Pelajari konsep taman sebelum menerapkannya jadi Anda tidak boros waktu dan uang karena bergonta-ganti konsep taman. 

●Gunakan tenaga ahli yang benar-benar berpengalaman menyusun bunga dan tanaman penunjang lainnya. 

●Konsultasikan dahulu konsep taman yang Anda inginkan sehingga tidak salah pilih dan mengharuskan pembuatan ulang. 

●Memanfaatkan benda-benda yang tidak dipakai sebagai bagian dekorasi taman. Ini adalah hal baik untuk lingkungan dan juga ide kreatif untuk membuat taman Anda kian unik. 

●Bandingkan harga tanaman dan jasa pembuat taman sehingga Anda tidak terpaksa harus membuat taman dengan layanan yang ternyata harganya terlalu mahal melebihi batas kewajaran. 

●Pastikan jasa pembuat taman memberikan garansi sehingga Anda mendapatkan taman yang asri dan tahan lama. 

●Ketahui juga tata cara merawat taman yang benar sehingga taman yang dibuat oleh tenaga ahli bisa Anda jaga agar bentuknya tidak berubah. 

Perlu diingat bahwa pembuatan taman memerlukan perhitungan jelas dan juga pengerjaannya yang cepat dan sesuai dengan jadwal. Jasa pembuatan taman Palembang terbaik akan membuatkan taman idaman Anda sesuai dengan harapan. Dapatkan manfaat terbaik dari taman yang Anda buat sesuai dengan tujuannya. 

Percayakan kebutuhan taman Anda hanya dengan Kunjungi situs resminya dan lihat berbagai pengerjaan taman yang pernah dilakukan sebelumnya. Anda bisa memilih sesuai preferensi atau kombinasikan dengan keinginan Anda. 

Dapatkan bantuan jasa pembuat taman terbaik dan berpengalaman, Jasa Landscape bisa mengerjakan berbagai konsep taman, pada area yang ada serta desain sesuai keinginan klien. Ini adalah jasa pembuat taman di Palembang dan kota-kota besar lainnya yang handal dan bisa dipercaya. 

Rekomendasi Agar Rumah Anda Sempurna 



Saya dari infotaman sudah banyak mengerjakan taman di rumah rumah baik rumah minimalis maupu klasik jadi kami selalu memberikan solusi untuk anda apabila anda membuat rumah idaman yang pertama di buat yaitu taman dan yang kedua yaitu tralis tangga atau pagar dan pintu gerbang oleh karena itu saya info taman merekomendasikan jasa tralis klasik besi tempa yang amanah bisa anda kunjungi website www.Lamhar.com karena jasa ini sangan baik untuk menegerjakan tralis rumah dan yang penting jasa ini sangat amanah dalam pekerjaaan nya.